Minggu, 05 Juni 2016

Jangka Waktu Untuk Panen Kroto




Berapa jangka waktu panen kroto, apakah setiap hari, minggu, bulan? Pertama kali budidaya ternak kroto anda hanya mempunyai satu toples sarang semut rangrang yang dapat dari alam. Tentunnya tidak bisa langsung di panen, karena kroto saya ambil semua sebelum anda  masukkan ke dalam sarang kroto toples. Dimana untuk membuktikan apakah semut rangrang yang kita ternak mau produksi dan menghasilkan telur  yang nantinya akan terlihat. Apalagi klo ada ratunya loh….. Kemudian anda biarkan selama satu bulan baru bisa menghasilkan kroto siap panen.

Setelah tahu menghasilkan telur semut, akhirnya mencoba menambah lagi toples plus ratu semut rangrang di setiap sarang. Alhasil waktu panen jadi berkurang. Berhubung sarang semut rangrang sudah berkurang dan langka di jumpai di daerah anda. Eksperimen saya hentikan sementara menunggu dapat pasokan lagi dari alam, penjual kroto dan pemburu kroto. Sedangkan hasil kroto, anda hanya di konsumsi untuk kalangan sendiri. 
 
Jika sobat hanya mempunyai satu toples untuk proses panen kroto akan membutuhkan waktu lama. Berbeda kalau mempunyai  sarang semut rangrang banyak. Anda bisa kumpulkan kroto dari setiap sarang, nanti hasilnya pasti lebih banyak. Misalkan saja 50-100 toples semut rangrang peluang untuk  hasil kroto juga lebih banyak dan jangka waktu panen kroto yang di butuhkan akan lebih pendek.
Masa telur hingga berubah menjadi semut sekitar 25 -30 hari. Masa panen yang baik pada usia telur 17-22 hari ( sudah berukuran beras )

Kesimpulan:
Apabila ternak kroto jangan tanggung, perbanyak sarang semut  rangrang supaya dapat hasil yang memuaskan.
Anda bisa mengatur jadwal sendiri, kapan waktu untuk panen kroto. Apakah setiap hari, minggu atau bulan.

Salam hijau ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar